Baru 1 Hari Pasca Dilantik Pratin Langsung Berhentikan Aparatur Pekon, Dugaan Kangkangi Peraturan Mendagri, Kemendes, Dan Edaran Bupati Lampung Barat Menguat

    Baru 1 Hari Pasca Dilantik Pratin Langsung Berhentikan Aparatur Pekon, Dugaan Kangkangi Peraturan Mendagri, Kemendes, Dan Edaran Bupati Lampung Barat Menguat
    Ilustrasi pemecatan aparatur

    Lampung Barat - - Pasca Pelantikan Pratin terpilih di Kabupaten Lampung Barat beberapa waktu yang lalu, kini telah muncul permasalahan di beberapa pekon, yakni adanya pemecatan sepihak atau tidak sesuai prosedur yang di lakukan oleh Beberapa Pratin baik pratin yang baru di lantik maupun oleh pratin yang saat ini masih menjabat, Rabu, 25 Mei 2022. 

    Pergantian aparatur merupakan hal yang wajar dan hak preogratif Pratin, namun tetap dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, hal ini tertuang dalam Permendagri no 83 Tahun 2015 yang mana telah di rubah dalam Permendagri No 67 Tahun 2017 tentang pengangkatan dan pemberhentian aparatur pekon / desa / kampung. 

    BROADCAST.CO.ID
    market.biz.id BROADCAST.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Pada permendagri No 67 Tahun 2017 tersebut hanya beberapa pasal yang mengalami perubahan, pada pasal 6 ayat 2 berbunyi : 2. Pemberhentian sementara perangkat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) karena:a. ditetapkan sebagai tersangka dalam tindak pidana   korupsi, terorisme, makar, dan atau tindak pidana   terhadap keamanan negara;b. dinyatakan sebagai terdakwa yang diancam dengan   pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun   berdasarkan register perkara di pengadilan;c. tertangkap tangan dan ditahan; dand. melanggar larangan sebagai perangkat Desa yang  diatur sesuai dengan ketentuan peraturan  perundang-undangan.

    (3) Perangkat Desa yang diberhentikan sementara   sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a dan  huruf c, diputus bebas atau tidak terbukti bersalah   berdasarkan keputusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dikembalikan  kepada jabatan semula.

    Jika mengacu pada aturan Permendagri No 83 Tahun 2015 dan Permendagri No 67 Tahun 2017 tersebut maka sangat jelas bahwa Peratin / Kepala Desa tidak di perbolehkan semena-mena atau serta merta dalam pergantian aparatur Pekon melainkan harus dengan tahapan-tahapan yang di lalui sesuai dengan aturan tersebut. 

    Jika memgacu pada aturan di atas maka sudah sangat jelas mekanisme dan aturan tentang pengangkatan dan pemberhentian aparatur pekon.

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    Sangat di sayangkan beberapa pratin yang ada di Kabupaten Lampung Barat tidak mentaati aturan tersebut dan terkesan mengkangkangi, hal tersebut tebukti dengan banyak nya pratin yang memberhentikan Aparatur secara sepihak tanpa ada mekanisme nya. 

    Salah satu nya terjadi di beberapa pekon kecamatan belalau kabupaten Lampung Barat yang mana pratin terpilih baru di lantik ter tanggal 17 Mei 2022 namun pada tanggal 18 Mei 2022 sudah langsung mengeluarkan surat pemberhentian dan pengangkatan aparatur pekon yang baru. 

    WARTAHAJI.COM
    market.biz.id WARTAHAJI.COM
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Menurut salah satu narasumber yang enggan di sebutkan nama nya mengatakan bahwa "Sebelum nya saya selaku kaur keuangan namun sudah langsung di ganti oleh pratin yang baru". Ungkapnya sesuai dengan surat yang di serahkan kepada Tim media. 

    Ketika di tim menanyakan apakah pratin terpilih pernah memberikan surat teguran secara tertulis atau pembinaan terlebih dahulu, narsum menjawab "Saya tidak pernah melakukan kesalahan dan di tegur baik secara tertulis maupun lisan, mungkin pratin hanya ingin melakukan penyegaran penyebab nya". Jawab narsum

    Sementara itu di satu pekon yang lain di kecamatan yang sama seluruh aparatur pekon di berhentikan seluruh nya oleh pratin yang baru di lantik 1 hari. 

    Hal tersebut sangat tidak sesuai dengan edaran mendagri nomor Dan surat edaran sekda Lampung Barat Nomor 141/316/III.13/2022 perihal pengangkatan dan pemberhentian aparatur pekon yang di tujukan kepada seluruh camat. 

    Hingga berita ini di turunkan Pratin tersebut belum dapat di konfirmasi oleh tim.

    Yudi hutriwinata

    Yudi hutriwinata

    Artikel Sebelumnya

    Pekon Trimulyo Kembali Salurkan BLT DD Periode...

    Artikel Berikutnya

    Pemecatan Aparatur Pekon, Ketua PPDI Lambar...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 45

    Postingan Tahun ini: 2574

    Registered: Apr 8, 2021

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 39

    Postingan Tahun ini: 2119

    Registered: May 25, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 18

    Postingan Tahun ini: 783

    Registered: Nov 15, 2021

    Pardal Riyanto

    Pardal Riyanto verified

    Postingan Bulan ini: 13

    Postingan Tahun ini: 754

    Registered: Apr 9, 2021

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Kpt Arm Witono: Mari Sosialisasikan Bahaya Narkoba
    Dandim 0620/Kabupaten Cirebon,Danyon Arhanud-14/PWY, Danlanal Cirebon Beri Kejutan Hari Bhayangkara ke-76 ke Kapolresta Cirebon
    Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-76, Ribuan Peserta Berpartisipasi Dalam Lomba Burung Berkicau Yang Digelar Polres Pekalongan
    Lapas Pasir Putih ikuti Sosialisasi Penyesuaian Mekanisme Pada Layanan Kunjungan Tatap Muka

    Rekomendasi

    Zainal Bintang: Teater Politik Indonesia, Drama Tirani Ambang Batas
    Hoegeng Award, Kapolri Buka Ruang Kritik Untuk Terus Lakukan Perbaikan
    Kasal Tinjau Bakal Lokasi Mabes AL di IKN Nusantara
    Saat Ini Semua Perusahaan Robot Trading Ilegal
    Korem 043/Gatam Laksanakan Tradisi Penerimaan Perwira Baru, Sertijab Kasipes Kasrem dan Pelepasan Pejabat

    Ikuti Kami